Bunga Bangkai Raksasa Ditemukan di Rambong III Dairi

Sekitarkita, Lau Rambong III – Seperti hari hari biasanya Mak Nando br Sinaga (35) warga Lau Rambong III pada hari Rabu 7 November 2018 melaksanakan kegiatan sehari harinya bekerja di ladangnya, sekitar jam 7.30 wib Mak Nando (sapaan sehari hari) pergi ke ladang dengan berjalan kaki, didalam perjalanan menuju keladang dia mencium aroma tidak sedap yang baunya sangat menyengat, lalu Mak Nando memperhatikan sekitar kiri kanannya namun tidak menemukan bangkai apa pun yang membusuk.

Namun Mak Nando merasa sangat heran karena bau yang diciumnya sangat menyengat akan bau bangkainya namun tidak menemukan bangkai yang dicarinya, dengan rasa penasaran Mak Nando terus mencari arah sumber bau bangkai tersebut dan dengan rasa ingin tau bangkai apa yang membuat aroma di daerah tersebut menjadi tidak enak, setelah beberapa menit mencari bau bangkai tersebut dia terkejut ketika menoleh ke sebelah kirinya ternyata dia melihat bunga bangkai yang sedang mekar. Dengan menemukan Bunga Bangkai Raksasa atau Kibut atau Suweg Raksasa (Amorphophallus Titanium) di Lau Ramhong III Kecamatan Tiga Lingga Kabupaten Dairi ini Mak Nando terkejut dan merinding karna besarnya bunga tersebut dan belum pernah dilihatnya secara langsung dan saat itu dia langsung melanjutkan perjalanannya menuju ladangnya.

Setelah 2 jam Mak Nando bekerja di ladangnya, karena Bunga Bangkai Raksasa tersebut ada dalam benak fikirannya Mak Nando memutuskan pulang ke rumah dan langsung menemui Pak Bukti Sinaga ke kampung sebelah dengan menceritakan kejadian yang ia alami dengan sesungguhnya kepada Pak Bukti Sinaga dan Pak Polber Sinaga.
Setelah mendengar cerita itu, Pak Bukti Sinaga langsung bergerak cepat mengajak Mak Nando pergi untuk melihatnya ke lokasi Bunga Bangkai Raksasa tadi dengan menggunakan kendaraan roda dua mereka pergi bonceng 3 bersama Pak Polber Sinaga. “Setelah 25 menit perjalanan kami sampai dan saya langsung memarkirkan sepeda motor karena jalanan yang kami lalui tidak bisa lagi dilalui sepeda motor” ungkap Pak Bukti Sinaga “Sehingga kami harus pergi berjalan kaki ke arah rawa yang dilalui arus sungai yang cukup deras” imbuhnya.

Setelah mereka berhasil melewati sungai tersebut Mak Nando langsung menunjukkan Bunga Bangkai Raksasa tadi kepada Pak Bukti Sinaga dan Pak Polber Sinaga, dengan melihat Bunga Bangkai Raksasa itu sontak Pak Bukti Sinaga berteriak mengucap “Sattabi oppung” yg artinya “permisi opung” lalu Pak Bukti Sinaga langsung mengabil kamera dan merekam setiap kejadian di area tersebut dan ia pun mengambil foto foto Bunga Bangkai Raksasa sambil mereka membersihkan batang Bunga Bangkai Raksasa yg begitu semeraut ditumbuhi rumput  dan akar – akar yang menunjukkan belum ada orang yang pernah datang ke area Bunga Bangkai tersebut.

Dilokasi itu Pak Bukti Sinaga melihat ada tiga (3)  Bunga Bangkai, yang satu sudah habis masa pemekarannya dan yang satu lagi masih dalam proses pemekaran bunganya dengan tinggi sekitar 210 cm dan yang satu lagi proses pertumbuhan keatas bunganya blom mekar dengan tinggi sekitar 180 cm. “Hampir satu jam kami membersihkannya lalu kami kembali keluar dari area dimana bunga tadi tumbuh” ungkap Pak Bukti Sinaga,  dan mereka turun berjalan untuk kembali kerumahnya di Desa Lau Rambong III Kecamatan Tigalingga Kabupaten Dairi. (SK/Y3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *