SEKITARKITA.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat resmi menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) Jawa Barat Tahun 2026.
Penetapan tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 561.7/Kep.798-Kesra/2024 tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota di Daerah Provinsi Jawa Barat.
Dalam keputusan tersebut, UMP Jawa Barat 2026 ditetapkan sebesar Rp2.317.601, mengalami kenaikan Rp126.363 atau sekitar 5,77 persen dibandingkan UMP 2025 yang berada di angka Rp2.191.238.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi menyampaikan, kenaikan UMP 2026 telah melalui kajian mendalam dengan mempertimbangkan berbagai aspek, mulai dari kesejahteraan pekerja hingga keberlangsungan dunia usaha.
“Kenaikan untuk provinsi sudah ditetapkan sebesar 5,77 persen,” ungkap Dedi Mulyadi kerap disapa kang Dedi Mulyadi (KDM) saat memberikan keterangan pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (24/12/2025).
Dedi menjelaskan, penentuan besaran UMP dilakukan dengan mengambil jalan tengah yang akomodatif terhadap kepentingan pekerja atau buruh, tanpa mengabaikan kondisi ekonomi serta keberlangsungan dunia usaha.
“Kita harus mengambil jalan tengah yang akomodatif terhadap kepentingan pekerja/buruh, tetapi juga mempertimbangkan kepentingan ekonomi dan kepentingan dunia usaha yang harus berkembang,” jelasnya.
Selain UMP, Pemprov Jabar juga merilis besaran Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Jawa Barat 2026.
Daftar Lengkap UMK Jawa Barat 2026 sebagai berikut:
– UMK Kota Bekasi 2026: Rp5.992.931,93
– UMK Kabupaten Bekasi 2026: Rp5.938.885,00
– UMK Kabupaten Karawang 2026: Rp5.886.852,34
– UMK Kota Depok 2026: Rp5.522.662,00
– UMK Kota Bogor 2026: Rp5.437.203,00
– UMK Kabupaten Bogor 2026: Rp5.161.769,00
– UMK Kabupaten Purwakarta 2026: Rp5.052.856,00
– UMK Kota Bandung 2026: Rp4.737.678,00
– UMK Kota Cimahi 2026: Rp4.090.568,00
– UMK Kabupaten Bandung 2026: Rp3.972.202,00
– UMK Kabupaten Bandung Barat 2026: Rp3.990.428,00
– UMK Kabupaten Sumedang 2026: Rp3.949.855,36
– UMK Kabupaten Sukabumi 2026: Rp3.893.201,00
– UMK Kabupaten Subang 2026: Rp3.737.482,00
– UMK Kabupaten Cianjur 2026: Rp3.338.359,18
– UMK Kota Sukabumi 2026: Rp3.192.807,00
– UMK Kota Tasikmalaya 2026: Rp2.980.336,00
– UMK Kabupaten Tasikmalaya 2026: Rp2.871.874,00
– UMK Kota Cirebon 2026: Rp2.878.646,00
– UMK Kabupaten Cirebon 2026: Rp2.880.797,86
– UMK Kabupaten Indramayu 2026: Rp2.910.254,00
– UMK Kabupaten Majalengka 2026: Rp2.595.368,00
– UMK Kabupaten Kuningan 2026: Rp2.369.379,27
– UMK Kabupaten Ciamis 2026: Rp2.373.643,46
– UMK Kabupaten Pangandaran 2026: Rp2.351.250,00
– UMK Kota Banjar 2026: Rp2.361.777,09
– UMK Kabupaten Garut 2026: Rp2.472.227,00
“Kita harus mengambil jalan tengah yang akomodatif terhadap kepentingan pekerja/buruh, tetapi juga mempertimbangkan kepentingan ekonomi dan kepentingan dunia usaha yang harus berkembang,” jelasnya.
Meski besaran UMP telah resmi ditetapkan, Gubernur Dedi Mulyadi menegaskan bahwa Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) masih menunggu Surat Keputusan (SK) Gubernur untuk pengesahan final.
Penetapan UMP dan UMK Jawa Barat 2026 diharapkan mampu menjaga keseimbangan antara peningkatan kesejahteraan pekerja serta keberlanjutan iklim investasi dan pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat.
Editor : Abdul Kholilulloh
Sumber Berita : Berbagai sumber







